7 Cara Menemukan Ide Atau Inspirasi Untuk Menulis


Denni Candra

dennicandra.com, “Wah bingung nih mau menulis apa?”

“Aku sebenarnya ingin menulis tapi gak tau mau menulis apa, gak ada ide.”

Mungkin kamu pernah mendengar alasan tersebut, atau bisa jadi kamu adalah salah seorang yang selalu menggunakan alasan tersebut. Memang salah satu alasan klasik yang sering dijadikan sebagai hambatan untuk menulis adalah tidak adanya ide atau inspirasi untuk bahan tulisan. Padahal dalam keseharian dan disekitar kita terdapat begitu banyak sumber inspirasi, tergantung kejelian serta kepekaan kita dalam melihatnya.

Berikut 7 cara yang bisa dilakukan untuk menemukan ide atau inspirasi untuk menulis :

1. Browsing

(Sumber ilustrasi : www.pexels.com)

(Sumber ilustrasi : www.pexels.com)

Saat ini untuk berselancar dan mengarungi dunia maya bukan lagi sebuah hambatan. Hampir semua handphone dan gadget yang kita pegang sehari-hari memberikan kemudahan untuk akses internet. Jadikan aktivitas kamu di dunia maya sebagai suatu hal yang produktif, jangan hanya sekedar untuk update status “alay” dan mengumbar berbagai keluhan. Banyak inspirasi dan ide yang bisa diracik menjadi sebuah tulisan ketika kamu browsing internet.

2. Membaca Buku

(Sumber ilustrasi : www.shutterstock.com)

(Sumber ilustrasi : www.shutterstock.com)

Seperti yang dikatakan mentor menulis saya, kalau menulis itu seperti kita menuangkan isi teko ke dalam gelas. Maka membaca diibaratkan seperti kita mengisi teko. Kamu tidak akan bisa menuangkan isi teko ke dalam gelas kalau tekonya sendiri tidak pernah diisi. Jadi cara terbaik untuk belajar menulis adalah dengan membaca. Membaca tulisan dari penulis-penulis hebat adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan tulisanmu dan mendapatkan ide-ide. Dengan membaca kamu bisa mengamati berbagai gaya penulisan dan pemilihan kata-kata.

3. Mendengarkan Percakapan

(Sumber ilustrasi : www.majalahexcellent.com)

(Sumber ilustrasi : www.majalahexcellent.com)

Mendengarkan di sini bukan berarti kamu “kepo” dengan permasalahan orang lain. Tetapi ketika berada di keramaian, dalam antrian di bank, atau berada di atas angkot, kamu dapat mempelajari bagaimana cara seseorang dalam berbicara dan menilai suatu permasalahan. Lalu kisah-kisah tersebut bisa kamu jadikan bahan untuk tulisanmu dengan melihat dari perspektif dan sudut pandang kamu sendiri.

4. Menonton Film

(Sumber ilustrasi : www.flightrising.com)

(Sumber ilustrasi : www.flightrising.com)

Banyak kisah serta inspirasi yang bisa kamu dapatkan dengan menonton film. Selain itu kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara seorang sutradara dalam membangun sebuah alur cerita, mengambarkan karakter masing-masing tokoh serta membuat dialog yang begitu asyik dan hidup.

5. Mendengarkan Musik

(Sumber ilustrasi : www.nisrina.co.id)

(Sumber ilustrasi : www.nisrina.co.id)

Apalagi kalau musik yang didengarkan tersebut sesuai dengan suasana hati, tentu akan lebih mudah untuk menuangkan perasaan ke dalam tulisan dengan diiringi soundtrack lagu pilihan.

6. Mengamati Alam Sekitar

(Sumber ilustrasi : www.sportourism.id)

(Sumber ilustrasi : www.sportourism.id)

Saya pribadi sering melakukannya untuk mendapatkan ide tulisan. Walau hanya sekedar jalan-jalan keliling komplek atau joging di pagi hari. Sambil menghirup udara pagi dan memperhatikan rerumputan yang bergoyang serta hijaunya pepohonan. Nikmati keindahan serta suasana sekitarmu, lalu biarkan inspirasi mengalir.

7. Traveling

(Sumber ilustrasi : www.versakini.com)

(Sumber ilustrasi : www.versakini.com)

Setiap kali kamu bepergian bahkan kalau itu hanya sekedar jalan-jalan di akhir pekan, buatkan jurnal tentang berbagai peristiwa dalam perjalananmu tersebut. Buka mata dan perhatikan hal-hal baru yang selama ini luput dari perhatianmu. Buat catatan singkat tentang hal-hal yang baru dan berkesan tersebut.

Itulah diantaranya 7 cara untuk menemukan ide atau inspirasi buat menulis, silahkan kalau ada yang mau menambahkannya di kolom komentar di bawah ini. Bagi yang berkenan dan merasakan kalau info ini bermanfaat silahkan di bagikan, mari bersama-sama kita mulai gerakan untuk senang menulis.

Mau interaksi lebih lanjut …??? Follow saya di twitter : @CandraDenni

Bagi kamu yang ingin mengoptimalkan potensi diri guna meraih kesuksesan, jangan sampai terlewatkan untuk membaca buku terbaru saya We Are Masterpiece : 7 Langkah Mengoptimalkan Potensi Diri


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *