Apakah Menulis Sudah Menjadi Kebiasaan?

Apakah Menulis Sudah Menjadi Kebiasaan?

denni-candra.comAda sebuah ungkapan yang mengatakan "lancar kaji karena diulang, hapal jalan karena ditempuh" ternyata memang benar adanya. Semua hal yang pada awalnya belum pernah atau jarang dilakukan biasanya akan terasa sulit. Namun kalau dilakukan secara rutin dan berulang maka lama-lama akan menjadi mudah, bahkan menjadi semacam kebiasaan. Tidak terkecuali dalam hal menulis. Bagi Anda yang ingin menekuni dunia kepenulisan dan berniat untuk menjadi penulis, maka mulailah dari sekarang untuk membiasakan menulis dalam setiap kesempatan.

Dalam otot kita ada sebuah jaringan yang disebut dengan myelin. Myelin ini merupakan sebuah jaringan yang berfungsi sebagai pengantar informasi dalam bentuk impulse saraf dan menyebarkannya ke seluruh jaringan otot manusia. Semakin tebal lapisan myelin ini, maka akan semakin efesien dan cepat informasi beredar serta akan semakin otomatis manusia dalam melakukan gerakan/kegiatan. Supaya lapisan ini bisa menjadi tebal dan kuat, maka harus senantiasa dilatih dengan keras serta sering melakukan pengulangan. Dengan banyaknya Anda melakukan pengulangan sebuah aktivitas maka tanpa disadari hal tersebut akan membentuk pola pembiasaan dalam tubuh dan otak Anda.

Mungkin pada saat pertama kali memulai untuk menulis akan terasa berat dan terpaksa. Namun karena dilakukan terus sehingga menjadi sebuah kebiasaan dan pada akhirnya menjadi budaya. Beberapa hal yang dirasakan pada fase awal mungkin perasaan malas, enggan, tersiksa dan jenuh. Itu semua merupakan musuh utama yang ada dalam diri Anda sendiri dan wajib Anda kalahkan sebelum menginjak pada tahap berikutnya.

Semua itu hanya bisa dilalui dengan semangat dan kerja keras yang dilakukan secara konsisten setiap harinya. Ketika menulis sudah memasuki pada tahap kebiasaan, akan muncul rasa senang dan mulai menikmatinya. Selanjutnya akan muncul dorongan untuk menuliskan sesuatu yang bermanfaat serta bisa dipertanggungjawabkan. Anda akan terdorong untuk melengkapi tulisan dengan berbagai bahan serta referensi yang dibutuhkan. Sehingga tulisan yang dihasilkan dapat menginspirasi pembaca.

Ketika beranjak pada tahap menulis sudah menjadi semacam budaya, maka akan timbul perasaan tidak enak atau merasakan ada sesuatu yang kurang kalau dalam sehari belum menulis. Atau dengan kata lain pada fase ini menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan, layaknya makan dan minum.

Jika memang Anda berkeinginan untuk menjadi penulis, tidak ada cara lain kecuali menjadikan menulis minimal sebagai sebuah kebiasaan. Sehingga setiap hari otomatis tangan akan bergerak dengan sendirinya untuk menuangkan berbagai macam ide yang ada dalam pikiran. Lebih bagus lagi kalau Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah budaya. Caranya bagaimana? Yang paling simpel caranya adalah memaksa diri untuk menulis minimal satu artikel setiap harinya. Lakukan kegiatan tersebut dimana dan kapan pun Anda sempat.

Seandainya Anda bisa menulis minimal satu halaman saja setiap harinya, maka dalam waktu sebulan Anda sudah mempunyai 30 halaman tulisan. Dan bukan sesuatu yang mustahil dalam waktu 4 bulan Anda sudah mempunyai naskah buku setebal 120 halaman. Dalam tahap awal itu sudah merupakan sebuah hasil yang menakjubkan. Dan kalau Anda terus merutinkan menulis sebanyak satu lembar setiap harinya maka dalam setahun Anda bisa menyelesaikan minimal 3 buah buku.

Mungkin Anda bertanya apa yang harus ditulis setiap harinya. Anda bisa memulainya dengan rutinitas dan kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari. Tidak usah memikirkan apakah tulisan tersebut bagus atau tidaknya, yang penting Anda membiasakan diri untuk menulis saja terlebih dahulu. Sembari membiasakan diri untuk menulis, paralel Anda bisa membekali diri dengan berbagai buku serta referensi tentang dunia kepenulisan. Entah itu melalui buku, media internet atau bergabung dalam berbagai komunitas kepenulisan.

Minimal setiap hari harus ada tulisan yang Anda bagikan untuk dibaca oleh orang lain, entah itu melalui blog ataupun media sosial. Namun tentunya tulisan yang bernilai positif, bukan hanya sekedar membagikan tulisan yang Anda "copy-paste" dan diragukan kebenarannya. Menulis adalah sebuah proses dan kalau Anda menjalani setiap proses tersebut dengan penuh semangat maka tidak mustahil cita-cita menjadi penulis dapat Anda wujudkan. Mari latih dari sekarang otot myelin menulis Anda!

Comments

  • No Comments

Add Comment

Testimonial
Facebook
Twitter