Haruskah Berteriak …???


berteriak-inspirasidaily1

Kita semua pasti mengetahui atau mungkin juga sering dan pernah mengalami yang namanya “BERTERIAK”. ¬†Biasanya kalau dalam keadaan sedang marah atau ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita maka sering kita berteriak untuk meluapkan kekesalan tersebut. Apakah kita sedang marah dengan pasangan, anak atau marah kepada bawahan dan rekan kerja … biasanya ketika marah tersebutlah kita sering “BERTERIAK”

Apakah karena kesal dan kehilangan kesabaran maka kita berteriak …??? Sebenarnya buat apa sih kita berteriak ketika sedang marah, bukankah lawan bicara kita ada di depan yang jaraknya sangat dekat dengan kita …??? Seharusnya kan kita bisa bicara secara halus dan lambat saja …???

Seorang ahli psikologi mengatakan bahwa ketika ada dua orang yang berada dalam situasi kemarahan maka otomatis jarak kedua hati mereka akan menjauh walaupun secara fisik mereka berdekatan. Karena itu maka otomatis pikiran mereka akan memerintahkan agar suara menjadi kencang untuk mencapai jarak yang jauh tersebut, makanya perlu “BERTERIAK”.

Tetapi, semakin keras mereka berteriak maka kemarahan pun semakin meningkat dan dengan sendirinya jarak antara kedua hatinya pun semakin ikut menjauh. Karena itu semakin meningkat kemarahan seseorang maka akan semakin kuat dan kencang teriakannya.

Sebaliknya yang terjadi ketika dua orang saling jatuh cinta, mereka tidak perlu berteriak untuk menyampaikan sesuatu. Maka orang yang sedang jatuh cinta biasanya bicara mereka lembut, halus dan kecil, bahkan hanya dengan isyarat dan tatapan saja mereka bisa mengerti.

Mengapa hal itu bisa terjadi …??? Karena hati mereka begitu dekat dan nyaris tidak berjarak. Sehingga mereka tidak perlu mengucapkan sepatah kata pun. Sebuah pandangan dan isyarat mata saja sudah lebih dari cukup untuk mereka saling dapat memahami apa keinginan dari masing-masing pribadi.

Maka ada baiknya ketika kita sedang dilanda kekesalan dan kemarahan, jangan sampai hati kita menciptakan jarak. Mungkin disaat seperti itu tidak mengucapkan kata-kata adalah salah satu cara yang bijaksana. Biarkan waktu yang akan membantu menyelesaikannya.

Mau provokasi lebih lanjut …? Follow saya di twitter : @CandraDenni


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *