Hukuman


dennicandra.com, Sudah sewajarnya para pelaku kejahatan mendapatkan hukuman yang setimpal dan sesuai dengan kejahatan yang mereka lakukan. Salah satu kriteria hukuman yang baik adalah yang menimbulkan efek jera bagi para pelakunya, karena kalau hukuman yang diberikan tidak menimbulkan efek jera maka tidak ada jaminan kalau pelaku tidak akan mengulangi perbuatannya. Lebih parah lagi kalau hukuman yang diberikan bisa dinegosiasikan dan dilakukan tawar menawar, maka otomatis pelaku kejahatan akan semakin meningkat.

Kenapa rasanya sulit sekali menghapuskan korupsi di Indonesia …??? Ya, itu tadi … karena tidak ada hukuman yang memberikan efek jera kepada pelakunya. Walaupun ketahuan korupsi dengan bukti-bukti yang se”gunung”, tetapi dengan bantuan pengacara yang “hebat” para pelaku korupsi tetap bisa berkelit dan melenggang bebas kesana kemari tanpa ada hukuman. Bahkan kalau di hukum pun mereka bisa menyulap ruangan tahanan menjadi hotel bintang 5 dengan fasilitas lengkap dan suasana nyaman.

Mudah-mudahan untuk para kandidat capres dan cawapres yang sedang berkompetisi untuk menjadi pemimpin negeri ini, kita harapkan siapapun yang terpilih nantinya punya perhatian serta mempunyai itikad baik untuk memperbaiki sistim penegakan hukum di negeri ini.

Berkaitan dengan masalah ini, ada seorang murid yang bertanya kepada gurunya tentang proses pemberian hukuman.

Suatu pagi sebelum pelajaran dimulai, seorang murid langsung mengangkat tangan dan bertanya kepada gurunya yang baru masuk, “Pak, apakah seseorang boleh dihukum untuk sesuatu yang belum diperbuatnya?”

“Oh … tentu saja tidak boleh. Seseorang baru boleh dihukum untuk perbuatan yang telah dilakukannya” jawab sang guru dengan mantap

“Syukurlah kalau begitu pak, karena saya belum mengerjakan PR” sang murid menjawab sambil tersenyum

Salam CintaBahagia

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter @CandraDenni


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *