Inspirasi Awal Tahun 2


One Day Training Public Speaking

One Day Training Public Speaking

dennicandra.com, Pada awal tahun 2015 ini saya berkesempatan bertemu dengan para pribadi luar biasa yang tergabung dalam Komunitas One Day One Juz (ODOJ). Pertemuan tersebut dikemas dalam sebuah acara yang bertajuk “One Day Training Public Speaking, Be Smart & Amazing Speaker”. Acara ini merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Dept. PSDM ODOJ khususnya Div. Training Motivasi yang bekerjasama dengan Dept. Promas ODOJ. Salah satu yang membuat acaranya begitu spesial adalah karena perencanaan dan persiapannya hanya melalui rapat dan diskusi dalam grup Whatsapp (WA). Semua rencana, teknis pelaksanaan, pendaftaran peserta serta rumusan materi dipersiapkan melalui rapat dan diskusi online, tanpa pernah ada pertemuan offline. Dan kebanyakan panitianya pun hanya baru kenal melalui media online dan hanya sebagian kecil yang sudah pernah bertatap muka dan bertemu di dunia nyata. Event ini terselenggara berkat kesamaan niat dan ketulusan hati untuk menebarkan semangat membumikan Al Quran di segenap penjuru bumi ini khususnya bumi nusantara.

Tujuan secara umum dari acara ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada para admin, pengurus serta member internal ODOJ yang nantinya akan dipersiapkan sebagai semacam corong untuk mensosialisasikan apa itu komunitas ODOJ di tengah-tengah masyarakat. Dan tidak menutup kemungkinan setelah angkatan pertama ini akan dilanjutkan dengan angkatan-angkatan berikutnya. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi : Apa itu Public Speaking (Shiwy Maulina), Mengatasi Demam Panggung (Denni Candra), Teknik Presentasi (Agus Heru Pitoyo), Teknik Closing (Damayanti) dan Ice Breaking (Akso Diana).

MasterpieceMotivator

Tim Trainer Motivasi ODOJ

Acara ini berlangsung selama satu hari penuh pada hari Minggu, 4 Januari 2015 bertempat di Masjid Abu Bakar AshShiddiq – Jakarta. Pemateri merupakan para trainer internal Div Training Motivasi yang terdiri dari 5 orang pembicara termasuk saya sendiri. Diantaranya Agus Heru Pitoyo, selain sebagai salah satu abdi negara PNS Kementerian Keuangan juga merupakan MC, Trainer dan Coach yang telah memberikan pelatihan dan training dibeberapa instansi serta lembaga pendidikan. Akso Diana yang juga merupakan PNS Kementerian Pertanian, auditor dan seorang trainer. Selain itu ada dua orang srikandi yang luar biasa yaitu Damayanti, seorang ibu rumah tangga dan pendidik anak usia dini yang rela terbang dari Bumi Laskar Pelangi, Belitung untuk meluangkan waktu serta membagikan ilmunya buat para peserta. Ada juga Shiwy Maulina, seorang trainer Bimba AIUEO merupakan pembicara termuda tetapi jam terbang dan pengalamannya tidak usah diragukan lagi. Terakhir saya sendiri, Denni Candra yang masih miskin ilmu dan pengalaman merasa beruntung sekali dapat kesempatan satu panggung dan belajar banyak dari para trainer hebat diatas.

Ki-Ka : Agus Heru Pitoyo, Akso Diana, Ust Ricky Adrinaldi, Denni Candra

Ki-Ka : Agus Heru Pitoyo, Akso Diana, Ust Ricky Adrinaldi, Denni Candra

Selain itu juga berkesempatan hadir Ketua Umum Komunitas ODOJ, Ustadz Ricky Adrinaldi yang ikut menghangatkan serta membuat suasana menjadi penuh canda tawa dengan gaya bicaranya yang santai  serta sesekali diselingi dengan candaan ringan ketika memberikan sambutan. Selain itu masih ada teman-teman panitia lainnya yang begitu hebat baik dari Dept PSDM maupun Dept Promas diantaranya mas Bem, mas Iwan, mbak Rina, mbak Ulil dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan namanya satu persatu disini. Selain panitia yang bisa hadir di tempat acara, masih banyak lagi panitia yang “bersembunyi” di belakang layar, walaupun mereka tidak hadir secara fisik tetapi semangat serta support dari mereka begitu besar untuk kesuksesan acara ini. Diantaranya pak Bot (Kapten kapal PSDM), mas Masto (Ka Dept Training), mbak Yekti (Ka Div Training Motivasi) dan seluruh kru kapal induk PSDM.

Photo bersama antara peserta, panitia dan trainer

Photo bersama antara peserta, panitia dan trainer

Dan yang tak kalah bersemangatnya adalah para peserta yang berjumlah lebih kurang sekitar 45 orang, yang datang dari berbagai daerah dan kota yang ada di Indonesia. Walaupun kebanyakan adalah dari daerah Jabodetabek, tetapi ada juga beberapa peserta yang datang dari luar daerah. Salah satunya dari tanah para Daeng yaitu Makasar. Semua peserta begitu antusias dan bersemangat dalam mengikuti acara, semuanya melebur menjadi satu dengan niat serta tujuan untuk saling belajar dan berbagi ilmu.

Begitu banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan dan rasanya tidak akan pernah cukup waktu untuk menceritakannya. Terimakasih untuk teman-teman trainer Div TM, para panitia dan semua teman-teman peserta training public speaking, satu hari yang berkesan dan penuh semangat. Semoga persaudaraan dan silaturrahmi yang telah kita jalin satu hari itu akan terus tersambung sehingga kita bisa tetap terus saling menyapa, mengingatkan dan menebar inspirasi guna membumikan Al Quran di segenap penjuru bumi ini.

Salam FULL SEMANGAT !!!

Mau silaturrahmi lebih lanjut ? Follow saya di twitter : @CandraDenni


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 thoughts on “Inspirasi Awal Tahun