Jalan Samurai Untuk Meraih Kesuksesan


samurai1-rimanewsdotcom

Perubahan mengagumkan yang diraih Jepang, mulai dari sebuah negara kecil dan minim sumber daya menjadi kekuatan ekonomi terbesar di dunia, dalam tempo kurang dari tiga puluh tahun, terpengaruh hukum samurai – sebuah hukum yang pernah membuat orang-orang Jepang menjadi para ksatria tangguh dalam pertempuran satu lawan satu, dan hingga sekarang tetap menjadi strategi hebat dalam bisnis dan berbagai bidang lainnya.

Ahli strategi pertempuran paling terkenal dalam sejarah Jepang salah satunya adalah Musashi Miyamoto, seorang samurai yang hidup dari tahun 1584 hingga 1645 Masehi. Musashi melakukan duel mematikan pertamanya saat berusia 13 tahun, di mana ia berhasil membunuh seorang samurai hebat yang berusia lebih dari dua kali usianya. Ketika menginjak usia 29 tahun, Musashi sudah membunuh lebih dari enam puluh samurai dalam duel pedang yang mematikan, dan ia segera menjadi legenda di masanya.

Sebelum kematiannya, Musashi menyempatkan diri untuk mendokumentasikan filosofi, strategi, dan taktik yang selama ini ia pegang dalam sebuah risalah singkat berjudul Go Rin Sho. Penulis Boye Lafayette De Mente telah menyarikan beberapa poko penting dari strategi dan taktik Musashi tersebut ke dalam konteks bisnis dan politik modern dan menuangkannya ke dalam buku “42 Rahasia Hidup ala Samurai”.

Strategi dan taktik yang digunakan Musashi dalam meraih semua kemenangannya pada abad ketujuh belas merupakan serangkaian pengetahuan berharga yang bisa diterapkan dalam bidang apa saja – mulai  dari dunia bisnis, olahraga, hingga dunia seni, cinta danpolitik. Dengan mempelajari dan memahami berbagai strategi tersebut, kita akan sanggup meretas jalan samurai demi meraih kesuksesan.

Selama beberapa bulan ke depan, saya akan mencoba menguraikan dan mengulas “42 Rahasia Hidup ala Samurai” tersebut melalui tulisan yang diposting di blog ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi berharga bagi kita semua dalam perjalanan meraih kesuksesan di dunia.

Akan dimulai dengan Rahasia #1 : Pentingnya Menetapkan Tujuan … 🙂

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter : @CandraDenni

(sumber bacaan : Boye de Mente. 2009. 42 Rahasia Hidup ala Samurai, Jogjakarta: Penerbit THINK)


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *