Kamu Ingin Pindah Kerja? Baca Dulu Tips Adaptasi Di Kantor Baru 2


Denni Candra

dennicandra.com, Apakah kamu baru pindah kerja dan memulai karier di tempat baru? Jangan biarkan hari pertamamu berlalu dengan meninggalkan kesan yang kurang baik. Segera mulai hari pertamamu dengan sikap kerja yang tepat dan profesional. Start yang baik adalah modal untuk melangkah lebih jauh lagi. Pertanyaannya adalah apakahkamu bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, atau sulit menyesuaikan diri? Ada baiknya ikuti tips berikut ini!

1. Hargai Budaya Perusahaan

Denni Candra

Kenali lebih dahulu bagaimana kebudayaan dan kebiasaan perusahaan tempatmu bekerja, seperti kebiasaan berbusana. Sebaiknya cari tahu bagaimana kebiasaan berbusana di tempat baru sebelum mulai bekerja. Jika perusahaan tersebut mengharuskan karyawan mengenakan busana formal ke kantor, maka tidak ada alasan bagimu untuk “nekad” memakai pakaian casual sesuka hati. Pakailah busana konservatif namun cukup nyaman dipakai. Hindari mengenakan busana dan perhiasan yang mencolok.

2. Open-Minded

Denni Candra

Inilah saatnya kamu meleburkan diri ke perusahaan baru. Jangan segan untuk membuka diri, dan berkenalan dengan rekan-rekan kerja baru. Tunjukkan sikap yang ramah dan hangat. Berikan senyum dan tatapan mata yang tulus. Bila perlu, jangan ragu untuk membungkukkan badan sedikit sebagai tanda kerendahan hati. Sebut nama dengan jelas dan sampaikan rasa terima kasihmu bisa bergabung di perusahaan ini, sekaligus minta bantuan agar bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Lakukan hal itu secara wajar dan tidak berlebihan.

3. Disiplin

Denni Candra

Meskipun terlihat klise, namun sikap disiplin masih dianggap sangat penting oleh kebanyakan perusahaan. Salah satu tolak ukurnya adalah disiplin waktu. Datanglah tepat waktu dan tidak terlambat masuk ke tempat kerja. Hal ini bisa menjadi poin penting penilaianmu dimata pimpinan. Suka atau tidak, seorang pemimpin pasti memperhatikan pukul berapa kamu sampai di kantor, khususnya selama beberapa minggu pertama kamu bekerja.

4. Khow Your Jobs

Denni Candra

Perusahaan tak mungkin merekrutmu hanya untuk duduk santai di belakang meja kantor. Coba perhatikan dengan baik tugas dan kewajibanmu. Pelajari terlebih dahulu tugas-tugas apa saja yang harus kamu kerjakan. Teliti dan pilih mana tugas yang menjadi prioritas. Bila mengalami kesulitan, jangan ragu tanyakan pada atasan. Eits, jangan lupa untuk melihat prosedur kerja terlebih dahulu agar kamu tidak salah mengambil tindakan. Setelah itu, evaluasi hasil pekerjaanmu. Apa sudah sesuai target atau belum?

5. Minta Penilaian

Denni Candra

Jangan berpuas diri dengan hasil kerjaan. Secara informal, kamu bisa meminta supervisor atau manajer untuk memberikan penilaian hasil kerja pada bulan pertama. Diskusikan apa yang kurang dan harus dilengkapi. Bertanyalah sebanyak mungkin, dan jangan takut jika melakukan kesalahan. Memang perlu waktu untuk merasa percaya diri dan “secure” terhadap pekerjaan barumu. Namun selama kamu berusaha untuk mengambil langkah-langkah pro-aktif untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja dan memberi kontribusi yang positif, maka kamu telah berada di jalan yang benar untuk menjadi anggota tim yang bernilai.

6. Humoris

Denni Candra
Suasana kantor akan terasa nyaman dan menyenangkan jika ada sisipan humor yang menyegarkan di dalamnya. Jika memungkinkan, kamu dapat bercanda dengan teman sekantor. Bercandalah dengan wajar dan sopan, mengingat kamu orang baru. Jangan sampai gara-gara bercanda yang berlebihan, kamu dimusuhi teman-teman sekantor.

7. Bersikap Profesional

Denni Candra
Sebagai orang baru, bekerjalah dengan baik. Jangan tergoda oleh kelonggaran-kelonggaran yang ditawarkan oleh rekan kerja. Mereka yang telah lama bekerja di sana mungkin merasa boleh melonggarkan aturan, namun hal itu tidak berlaku bagi pegawai baru. Bersikaplah profesional dan lakukan yang terbaik!

Mau interaksi lebih lanjut …??? Follow saya di twitter : @CandraDenni

Bagi kamu yang ingin mengoptimalkan potensi diri guna meraih kesuksesan, jangan sampai terlewatkan untuk membaca buku terbaru saya We Are Masterpiece : 7 Langkah Mengoptimalkan Potensi Diri


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 thoughts on “Kamu Ingin Pindah Kerja? Baca Dulu Tips Adaptasi Di Kantor Baru