Kemauan Berbuat Lebih


MasterpieceMotivator

dennicandra.com, Salah satu rumah makan favorit bagi saya dan keluarga adalah Rumah Makan Pagi Sore yang ada di Pangkalpinang. Semenjak rumah makan tersebut membuka cabangnya di Pangkalpinang saya dan keluarga menjadi salah satu pelanggan setianya walau pun dari segi harga mereka termasuk salah satu rumah makan dengan harga yang mahal. Di samping karena kualitas masakannya yang memang enak dan berjodoh dengan lidah saya sekeluarga, salah satu aspek yang membuat saya sekeluarga jatuh hati adalah pelayanannya. Para pegawainya benar-benar menerapkan dan memberikan pelayanan dengan kualitas “exellence”. Terlebih bagi Quinsha, rumah makan ini adalah salah satu favorit dan kesukaannya.

Kenapa saya bilang servicenya sudah “excellence”?

Sebenarnya apa sih yang diinginkan pelanggan ketika memakai suatu produk? Kalau hanya sekedar rumah makan, banyak rumah makan yang lain dan harganya juga lebih murah. Tetapi saya merasa bahwa ada semacam value atau nilai yang saya dapat dari harga yang saya bayarkan. Saya diperlakukan seperti halnya saya berada di rumah sendiri.

Ketika Quinsha merasa tidak ada lauk cocok dengan seleranya, biasanya dia akan meminta untuk dibuatkan telor mata sapi. Begitu juga pada suatu kesempatan Quinsha minta dibikinkan telor mata sapi karena lauk yng ada di rumah makan tersebut tidak ada yang cocok dengan seleranya. Dengan kerelaan serta ketulusan pegawainya langsung memenuhi permintaan Quinsha, walau pun saya tahu bahwa telor mata sapi bukan salah satu dari lauk yang telah mereka siapkan. Tetapi sentuhan yang mereka berikan secara personal tersebut meninggalkan kesan yang cukup mendalam bagi kami sekeluarga.

Begitu juga ketika istri saya salah dalam menyebutkan pesanan, mereka langsung menggantinya dan malah mereka yang minta maaf karena sebelumnya tidak memastikan lagi pesanan kami. Harga mahal yang dibayarkan akan segera terlupakan karena tertutupi dengan kesan positif yang terus melekat.

Jadi ketika Anda mau mendengarkan customer, mengerti dengan perasaannya lalu mau melakukan seuatu yang lebih walau pun itu hanya hal kecil dan simpel, namun itu akan diingat terus oleh customer. Dan secara tidak langsung membuat semacam ikatan batin.

Jangan takut untuk melayani sepenuh hati. Tidak ada yang namanya service yang terlalu baik. Karena bila anda tulus melayani, customer anda akan sungguh-sungguh cinta dengan anda.

Mau provokasi lebih lanjut …??? Follow saya di twitter : @CandraDenni


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *