Membangunan Keakraban Dengan Orang Lain


dennicandra.com, Dalam pergaulan dan berinteraksi dengan orang lain sehari-hari pasti setiap kita memiliki cara dan pengalaman yang berbeda pula. Dalam berbagai kegiatan seperti acara seminar, rapat, diskusi atau acara kumpul-kumpul lainnya, ada orang yang bisa cepat akrab dengan orang yang baru dikenal, ada yang butuh waktu dan pendekatan dulu bahkan ada orang yang senantiasa mejaga jarak dan kesulitan untuk membangun hubungan dengan orang lain. Itu adalah hal yang lumrah karena memang setiap orang itu berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Kalau kita mengacu pada konsep STIFIn yang diperkenalkan oleh Bapak Farid Poniman, maka setiap manusia itu dikelompokkan dengan 5 (lima) Mesin Kecerdasan (MK) yang berbeda dan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Orang Sensing terkenal dengan keuletannya, Thinking unggul dengan kecerdasan otaknya, Intuiting dikenal karena kreatif, Feeling merupakan pribadi yang empatik dan jago dalam membangun hubungan sedangkan Insting adalah pribadi yang serba bisa.

Jadi kalau kita kembalikan lagi dalam bahasan mengenai pergaulan dan interaksi dengan orang, maka otomatis orang dengan MK Feeling adalah pribadi yang cepat dalam membangun komunikasi serta cepat akrab dengan orang lain. Tetapi bukan berarti orang dengan MK lainnya tidak bisa akrab dalam berhubungan, tetapi mereka tidak bisa seluwes dan secepat orang Feeling.

Tetapi jangan khawatir … :), karena berikut ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana cara agar kita bisa cepat membangun komunikasi akrab dengan orang lain. Menurut Igor Ledoshowski salah seorang pakar hipnotis dunia menyarankan agar kita senantiasa melatih dan mencoba 3 hal berikut ini ketika mau membangun komunikasi dengan orang yang baru dikenal :

  1. Bayangkan kalau orang tersebut adalah seseorang yang mempunyai hubungan dan kedekatan emosional dengan kita, bisa saja itu ayah, ibu, kakak, adik ataupun pasangan yang senantiasa membuat kita nyaman.
  2. Rasakan emosi dan sensasi perasaan yang muncul saat kita berbiacara dengan orang yang ada dalam bayangan kita tersebut. Betapa kita bisa bicara lepas, nyaman dan santai tanpa ada beban baik itu dimasa lalu ataupun saat sekarang ini. Perkuat perasaan tersebut sampai tertanam dalam memori kita.
  3. Nikmati perasaan tersebut lalu pancarkan dan panggil sensasi tersebut ketika kita berbicara dengan orang yang baru kenal sehingga muncul perasaan nyaman dan santai dalam membangun konektivitas serta hubungan dengan orang baru tersebut.

Latih terus hal tersebut sampai mahir, sehingga kita tidak perlu lagi merasa grogi dan kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang yang baru kita kenal. Anggap saja bahwa orang baru tersebut seolah-olah teman yang sudah kita kenal cukup lama, tetapi jangan kebablasan dan terlalu lebay sehingga malah nantinya orang lain merasa tidak nyaman … 🙂

Bagaimana …??? Siap untuk mempraktekkannya …???

Salam CintaBahagia

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter @CandraDenni


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *