Menjadi Konsultan Untuk Pernikahan Sendiri


MasterpieceMotivator

dennicandra.com, Masalah adalah sesuatu yang tidak mungkin untuk dihindari, karena selama kita hidup di atas dunia ini maka selama itu pula kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah. Tidak terkecuali dalam hubungan pernikahan yang Anda jalani bersama pasangan, baik itu permasalahan kecil maupun permasalahan besar dan serius. Ketika permasalahan itu tidak bisa menemukan solusi terbaik yang diinginkan, biasanya pasangan suami-istri akan meminta bantuan pihak ketiga sebagai penengah. Salah satu alternatifnya adalah bantuan dari konseling atau konsultan pernikahan profesional.

Tetapi sebelum mengambil keputusan untuk meminta bantuan pihak ketiga, dalam hal ini bantuan konsultan profesional, Anda bersama pasangan sebenarnya bisa terlebih dahulu menjadi semacam konsultan untuk pernikahan Anda sendiri. Yang diperlukan hanyalah kesadaran untuk mau mendengarkan serta menyisihkan waktu untuk memahami pasangan Anda. Beberapa langkah atau tips berikut mungkin bisa menjadi acuan bagi Anda dan pasangan untuk menyelesaikan permasalahan dalam pernikahan.

Pertama, Pastikan Anda dan pasangan menyadari akan adanya permasalahan serta bersedia untuk memberikan waktu dan melakukan upaya guna menyelesaikan masalah dalam pernikahan Anda.

Kedua, Atur dan luangkan waktu untuk duduk bersama tanpa ada gangguan dari pihak lain baik itu keluarga maupun anak-anak. Ini bisa jadi melakukan perjalanan jauh, atau menyisihkan sore atau malam setiap minggu, hanya berdua.

Ketiga, Bergiliran berbagi satu sama lain – berbicara tentang sesuatu yang menarik dalam hidup Anda yang pasangan Anda tidak ketahui, atau sesuatu yang membuat Anda frustrasi. Ketika satu berbicara, yang lain mendengarkan tanpa mengganggu atau menjadi defensif. Orang yang mendengarkan harus merefleksikan kembali apa yang telah dia dengar dan pahami. Disini berlaku dua hal, pertama menjelaskan bahwa Anda telah memahami pasangan Anda. Kedua, membantu pasangan Anda tahu bahwa dia didengar dan dimengerti. Ini merupakan sesuatu yang sangat krusial dan penting.

Keempat, Bertukar dan membiarkan pasangan Anda berbagi sesuatu (atau jika Anda berbagi hal yang membuat anda frustrasi dalam pernikahan Anda, biarkan pasangan Anda memberikan pendapatnya). Usahakan untuk jangan memberikan tanggapan atau pendapat yang menghakimi.

Siap untuk menjadi konsultan bagi pernikahan Anda sendiri … ???

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter : @CandraDenni


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *