• Home
  • Article
  • Pekerjaan Tidak Sesuai Passion, Harus Bagaimana?

Pekerjaan Tidak Sesuai Passion, Harus Bagaimana?

dennicandra.com, Semua orang pasti memiliki karir atau pekerjaan impian. Tapi karena namanya “pekerjaan impian” jadi memang agak susah dan sulit untuk mendapatkannya. Sesuai kata bijak yang mengatakan bahwa tidak selamanya kenyataan itu sesuai dengan impian. Sehingga banyak kita jumpai saat ini orang-orang yang bekerja tidak sesuai minat dan bakatnya.

So, bagaimana dong kalau kita terlanjur bekerja di bidang yang tidak disukai? Apakah harus memutuskan untuk “resign” dan mencari pekerjaan baru atau justru harus bertahan? Sebelum memutuskan untuk keluar atau bertahan, ada baiknya simak dulu beberapa tips berikut ini :

Pertama, Coba cari celah dan sisi positif dari pekerjaan saat ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu tujuan bekerja adalah untuk mendapatkan uang, tetapi jangan jadikan motivasi mengenai uang tersebut sebagai tujuan utama. Karena kalau motivasi kita bekerja hanya tentang uang, maka hal tersebut akan membuat kita terbebani. Yang pada akhirnya akan membuat kita lebih sering mengeluh dan merasa tertekan dengan pekerjaan yang dilakukan. Coba untuk mencari sisi positif dari pekerjaan yang digeluti saat ini dan cari celah untuk bisa belajar dan mengembangkan karir.

Kedua, Review kembali mengenai pekerjaan Anda saat ini.

Coba Anda pikir lagi apakah kondisi saat ini yang dijalani memang pekerjaannya yang tidak disukai atau justru lingkungannya yang tidak kondusif. Kalau lingkungan yang tidak kondusif, mungkin Anda bisa mencoba solusi yang sudah diuraikan di artikel sebelumnya yang berjudul Teman Kantor Nyebelin? Langkah Ini Bisa Menyelesaikan Masalah Anda. Kalau memang masalahnya adalah murni pekerjaannya yang tidak Anda sukai, maka coba bicarakan dengan atasan Anda untuk mencoba bidang pekerjaan lain atau cari pekerjaan lain sesuai karir yang Anda inginkan.

Ketiga, Cobalah tinjau karir anda selama ini. 

Apakah sudah sesuai harapan atau jauh di bawah harapan. Apakah anda merasa bahagia atau sebaliknya? Jika anda merasa sangat tertekan, jangan memaksakan diri. Mulai rencanakan untuk berkarir di bidang baru. Tapi jangan terburu-buru. Pelajari situasi dan kondisi yang mendukung. Namun jika anda merasa enjoy, meski bidang karir tak sesuai, anda bisa mempertimbangkan untuk tetap bertahan.

Keempat, Ikut kursus

Anda bisa mengikuti beberapa kursus yang menawarkan latihan keterampilan di bidang yang anda minati. Ikutilah seminar atau workshop yang sesuai dengan bidang yang anda minati di akhir pekan. Sementara itu, anda tetap bisa mengerjakan pekerjaan anda saat ini.

Kelima, Menjadi relawan

Jika anda masih kurang yakin dengan perubahan karir ini, maka anda bisa mencoba jadi relawan di bidang yang anda minati. Hal ini dapat memberi anda gambaran tentang karir baru tersebut.

Keenam, Jangan terburu-buru

Jangan bersikap gegabah dan keluar dari pekerjaan anda saat ini, kecuali anda telah mengamankan posisi yang baru. Cobalah bersikap cerdas dalam berburu pekerjaan baru.

Jangan berhenti mencari informasi bidang karir yang sesuai dengan keahlian dan minat anda ya. Sambil tetap fokus bekerja di bidang saat ini. Percayalah kalau jodoh tak kemana, jika anda terus berusaha bukan tak mungkin akan ada peluang sesuai harapan anda. Tapi jika ternyata tidak, jangan putus asa. Anda harus percaya akan kekuatan takdir. Dimana apa yang anda hadapi dan jalani saat ini adalah yang terbaik.


  Dapatkan buku terbaru saya yang berjudul "Yakin Gak mau Nulis? ; Hidup Sekali Gak Nulis Rugi"

Comments

  1. No Comments

Add Comment

Testimonial

Dalam buku BREAK THE LIMITS ini, saya paling suka dengan quote mas Denni saat mengatakan bahwa tinda... read more

Windy Rose

Gara-gara membaca bukunya mas Denni yang berjudul "Break The Limits" jadi susah untuk mencari alasan... read more

Dian Suprayogi

Salah seorang penulis bak mutiara terpendam dari Pulau Bangka. Buku "Break The Limits" yang ditulis ... read more

Brili Agung

Facebook

Twitter