Pembeli Adalah Raja


pembeliadalahraja

Seiring dengan kenaikan harga BBM yang telah diumumkan pemerintah pada pertengahan Juni 2013 kemarin, maka kondisi di lapangan pun akan ikut menyesuaikan. Salah satunya yang ikut menyesuaikan adalah harga kebutuhan sehari-hari atau yang lebih dikenal dengan sebutan SEMBAKO.

Dan pihak yang paling merasakan secara langsung adalah ibu rumah tangga yang bertugas mengatur keuangan, walaupun harga kebutuhan pada umunya naik tetapi uang belanja dari suami tidak mengalami kenaikan. Makanya untuk menyiasati hal tersebut dituntut kreativitas ibu-ibu dalam mengatur dan menyajikan menu makanan agar tetap memenuhi standar gizi tapi dengan harga yang masih bisa dijangkau.

Kejadiannya pada suatu pagi di komplek perumahan karyawan sebuh perusahaan, ibu-ibunya biasa berlangganan dengan tukang sayur keliling yang setiap pagi selalu rajin dan tidak pernah absen menawarkan dagangannya. Dengan mobil butut bak terbuka yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa membawa berbagai macam kebutuhan rumah tangga, mulai dari beras, minyak, sayur, ikan dan berbagai macam sembako yang dibutuhkan ibu-ibu komplek tersebut.

Begitu juga pagi ini, ketika segerombolan ibu-ibu tampak berkerumun di sekitar dagangan si abang tukang sayur. Kelihatannya terjadi tawar menawar yang cukup alot pagi itu.

“Ini jengkol ama petai harganya kok mahal sekali bang, ini saya bayar separuh harga aja ya” tawar seorang ibu

“Gak bisa bu, saya belinya dari pasar aja lebih dari segitu harganya” jawab tukang sayur

“Kalau mau ibu ambil dengan harga yang saya bilang tadi, kalau gak mau ya sudah biar nanti saya tawarkan ke ibu-ibu komplek sebelah” lanjut si abang yang mulai agak kesal

“Jangan sewot gitu donk bang, bagaimana pun saya kan pembeli biasa donk nawar” jawa si ibu tak kalah sewotnya

“Ingat lho, pembeli itu adalah raja” lanjut si ibu dengan nada agak ketus

“Tapi mana ada raja beli jengkol, nawar lagi” jawab tukang sayur dengan santainya … 🙂

Mau provokasi lebih lanjut …? Follow saya di twitter : @CandraDenni


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *