Rahasia #4 : Mempersiapkan Diri 1


mepersiapkan diri

dennicandra.com, Musashi tiada henti menegaskan bahwa kemampuan Anda memahami jati diri, senjata-senjata Anda, berbagai keadaan yang ada di sekeliling Anda, serta para musuh atau pesaing Anda sama pentingnya dengan keahlian Anda dalam bertarung dan bernegosiasi. Musashi adalah seorang samurai yang hebat dalam mempersiapkan diri sebelum terlibat duel. Sebab, tujuannya adalah tak pernah meninggalkan segala sesuatu hingga hanya menjadi kemungkinan yang tak memerlukan usaha keras untuk mewujudkannya.

Musashi mengajarkan bahwa seorang samurai yang siap secara mental adalah seorang petarung yang hebat, tak masalah jenis senjata apa yang digunakannya. Dalam sejumlah peristiwa, Musashi bertarung melawan samurai-samurai hebat dalam duel mematikan hanya dengan bersenjatakan sebatang kayu. Faktanya, ia senantiasa berjaya atas musuh yang luar biasa banyak jumlahnya. Kenyataan tersebut telah menyingkap rahasia tentang persiapan seperti apa yang ditempuh Musashi, menunjukkan betapa pentingnya sebuah persiapan.

Musashi mempersiapkan diri dengan sangat cermat bukan hanya untuk menghadapi peristiwa yang diharapkan terjadi, namun juga untuk berbagai hal yang sama sekali tak terduga. Dengan demikian, hanyalah para musuhnya yang akan terkejut saat menghadapi sang legenda dan berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Akan sangat mudah bagi Anda untuk memahami betapa pentingnya sebuah persiapan jika Anda, layaknya Musashi juga mempertaruhkan hidup Anda dalam setiap pertempuran yang dihadapi. Nilai penting persiapan sama vitalnya dengan ketika Anda benar-benar ingin meraih kesuksesan dalam usaha yang dijalani, sehingga Anda membutuhkan kemampuan mengambil keputusan dan bertindak secara cepat dan akurat.

Prinsip persiapan diri tersebut sesungguhnya sudah menjadi rahasia umum dalam masyarakat kita. Kendati demikian, kita menyaksikan bahwa tidak sedikit dari kita yang tidak atau belum berusaha secara maksimal dalam mengaplikasikan pemahaman tersebut.

Persiapan yang cermat, pada akhirnya akan memberikan manfaat besar bagi Anda dalam mengahadapi para pesaing yang kurang persiapan. Sehingga, semakin baik persiapan Anda dalam mengahdapi tantangan, baik yang sudah Anda duga maupun yang sama sekali tidak terduga maka akan semakin besar pula peluang Anda  meraih kesuksesan.

Silahkan lanjut dan baca Rahasia #5 : Melepaskan Ilusi … :)

Mau provokasi lebih lanjut ? Follow saya di twitter : @CandraDenni

(sumber bacaan : Boye de Mente. 2009. 42 Rahasia Hidup ala Samurai, Jogjakarta: Penerbit THINK)


About Denni Candra

Denni Candra adalah seorang konsultan dan penulis yang rutin menulis di beberapa media diantaranya Harian BERNAS Jogjakarta dan beberapa media lokal di Bangka serta menjadi kontributor artikel di www.level-up.id dan www.inspirasi.co. Selain itu juga fokus menjadi seorang ghost & co-writer buat siapa saja yang ingin dibantu menulis dan menyelesaikan bukunya.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Rahasia #4 : Mempersiapkan Diri