• Home
  • Article
  • Waspada Dengan Orang Disekeliling Anda, Mereka Penyala Api Atau Pemadam Api?

Waspada Dengan Orang Disekeliling Anda, Mereka Penyala Api Atau Pemadam Api?

dennicandra.com, Kita semua pasti kenal dengan yang namanya 'api unggun', apalagi kalau yang suka kegiatan di alam terbuka seperti pramuka dan pecinta alam. Tetapi kalau ada yang tidak kenal juga tidak apa-apa, namun kalau untuk sekedar menyalakan lilin di kegelapan ketika mati lampu saya rasa semua pernah melakukannya.


Ketika kita menyalakan api unggun atau menghidupkan sebatang lilin, maka kecenderungan alami dari api adalah padam. Maka, kalau ingin agar api unggun tersebut tetap menyala maka Anda harus memberinya bahan bakar. Bagaimana caranya? Bisa saja dengan menambahkan kayu bakar, menyiram dengan minyak tanah dan berbagai cara lainnya. Begitu juga dengan lilin yang menyala, agar apinya tidak padam maka Anda harus berusaha untuk menjaganya dan meletakkannya di posisi yang tepat.


Hal tersebut tidak berbeda jauh dengan motivasi yang ada dalam diri Anda. Mungkin saja ketika membaca buku atau mengikuti sebuah seminar Anda menjadi begitu bersemangat. Motivasi untuk berubah menjadi lebih baik juga langsung membuncah. Maka, motivasi yang sudah terbangun tersebut harus tetap dijaga supaya jangan kembali redup dan padam secara perlahan. Menjaga agar motivasi tersebut tetap menyala adalah tanggung jawab Anda sendiri, karena tidak semua orang dalam kehidupan Anda akan menolong dan berpartisipasi dalam menjaga motivasi tersebut.


Adalah sebuah kekeliruan kalau Anda menuntut orang lain untuk memotivasi Anda. Tak ada seorang pun yang bertanggung jawab atas naik turunnya motivasi dalam diri Anda, kecuali diri Anda sendiri. Pidato dan arahan dari pimpinan yang menggebu-gebu, program pelatihan dengan motivator dan pembicara yang fenomenal atau deklarasi visi dengan kata-kata indah serta penuh semangat, semua itu hanya usaha untuk mengetuk pintu motivasi yang ada dalam diri Anda.


Bila Anda tidak berkenan untuk membukanya maka gedoran sekeras apa pun tidak akan ada gunanya, karena Andalah penanggung jawab tunggal atas keberhasilan dalam hidup yang Anda jalani saat ini.


Kalau pun ada orang di sekeliling Anda yang mencoba untuk mempengaruhi motivasi Anda, mereka hanya sebagai perantara, tetapi hasil akhir dan keputusan tetap ada di tangan Anda sendiri. Juga harus waspada dengan orang-orang yang ada di sekeliling Anda. Karena secara umum orang yang memberikan pengaruh untuk hal yang berkaitan dengan motivasi ini bisa dibedakan jadi dua jenis.


Jenis pertama adalah 'Penyala Api' yaitu orang-orang yang akan berusaha menolong Anda menjaga api motivasi tersebut agar tetap panas dan menyala. Sedangkan jenis yang kedua adalah 'Pemadam Api', yaitu orang-orang yang akan menyiramkan air dingin ke atas api motivasi yang tengah berkobar dalam diri Anda.


Bagaimana caranya untuk membedakan apakah orang tersebut termasuk 'Penyala Api'atau 'Pemadam Api'? Dengarkan saja dari apa yang mereka katakan kepada Anda!


Para pemadam api biasanya akan menggunakan kata-kata seperti berikut ini:

"Itu tampak mustahil"

"Kamu pikir kamu itu siapa?"

"Kan kita sudah pernah mencobanya dan tidak pernah berhasil"

"Tidak usah berlagak jadi pahlawan, hal tersebut kan tidak pernah dilakukan sebelumnya"

"Engkau tidak punya cukup (modal, keterampilan, bakat dan sebagainya) untuk melakukan hal tersebut"


Para 'Pemadam Api' ini memusatkan perhatian pada apa yang tidak mungkin daripada apa yang mungkin. Mereka selalu ahli dalam menemukan berbagai alasan serta kelemahan yang datang bersama dengan kesempatan. Mereka penuh keraguan dan berusaha untuk menolak setiap perubahan. Mereka umumnya berusaha untuk menghalangi orang lain mencapai potensinya dengan cara berusaha memadamkan api motivasinya. Sebisa mungkin berusahalah untuk menjauh dan menjaga jarak dengan orang-orang seperti ini.


Sebaliknya habiskan waktu Anda lebih banyak dengan orang-orang yang senantiasa mendukung dan memberikan semangat positif. Orang-orang yang memandang Anda bukan hanya sebagai diri yang apa adanya tetapi mendorong Anda untuk mengeluarkan segenap kemampuan untuk menggapai apa yang diimpikan. Orang-orang yang mendukung impian-impian Anda, membantu menyalakan gairah dan motivasi dalam diri Anda.


Dekati dan sebisa mungkin akrab dengan orang-orang yang dapat membantu Anda dalam menjaga agar api motivasi yang ada dalam diri tetap menyala. Mereka adalah orang-orang yang senantiasa 'membakar' dan memberikan kekuatan kepada Anda untuk meraih apa yang terbaik buat kehidupan.


  Dapatkan buku terbaru saya yang berjudul "Yakin Gak mau Nulis? ; Hidup Sekali Gak Nulis Rugi"

Comments

  1. No Comments

Add Comment

Testimonial

Dalam buku BREAK THE LIMITS ini, saya paling suka dengan quote mas Denni saat mengatakan bahwa tinda... read more

Windy Rose

Gara-gara membaca bukunya mas Denni yang berjudul "Break The Limits" jadi susah untuk mencari alasan... read more

Dian Suprayogi

Salah seorang penulis bak mutiara terpendam dari Pulau Bangka. Buku "Break The Limits" yang ditulis ... read more

Brili Agung

Facebook

Twitter